Kamis, 05 Desember 2013

JARINGAN BERKABEL (WIRED NETWORK)



Nama: Dela Nadya Putri
Nim     : 13.230.0028
Kelas   : 1p51
Tugas Jaringan Komputer

JARINGAN BERKABEL (WIRED NETWORK)
Kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu perangkat jaringan ke lainnya atau untuk menghubungkan dua atau lebih komputer ke printer, scanner dll. Berbagai jenis kabel jaringan seperti kabel coaxial, kabel serat optik, kabel Twisted Pair yang digunakan tergantung pada topologi jaringan, protokol dan ukuran.
Beberapa kabel jaringan komputer yang sering digunakan dalam jaringan:
Unshielded Twisted Pair (UTP) Cable
Kabel twisted pair ada dalam dua varietas: shielded dan unshielded. Unshielded twisted pair (UTP) adalah yang paling populer dan umumnya pilihan terbaik untuk jaringan sekolah. Kualitas UTP dapat bervariasi dari kelas kawat standar sampai kabel yang berkecepatan tinggi. Kabel ini memiliki empat pasang kawat di dalamnya. EIA/TIA (Electronic Industry Association/Telecommunication Industry Association) telah menetapkan standar UTP.
 Kabel Jaringan Komputer Coaxial Cable
Kabel koaksial memiliki konduktor tembaga tunggal di pusatnya. Sebuah lapisan plastik menyediakan insulasi antara konduktor pusat dan perisai logam . Perisai logam membantu untuk memblokir setiap gangguan luar dari lampu neon, motor, dan komputer lainnya.
Meskipun kabel koaksial sulit untuk diinstal, tetapi kelebihannya adalah sangat tahan terhadap sinyal interferensi. Selain itu, dapat mendukung panjang kabel yang lebih besar antara perangkat jaringan daripada kabel twisted pair.
Kabel Jaringan Komputer Fiber optic cable
Kabel serat optik terdiri dari inti pusat dikelilingi oleh beberapa lapisan kaca bahan pelindung. Pelindung ini mentransmisikan cahaya sinyal elektronik dan menghilangkan masalah gangguan listrik. Hal ini membuat ideal untuk lingkungan tertentu yang mengandung sejumlah besar gangguan listrik. Fiber optic cable juga merupakan standar untuk menghubungkan jaringan antar gedung, karena kekebalan terhadap efek kelembaban dan pencahayaan.
Kabel serat optik memiliki kemampuan untuk mengirimkan sinyal melalui jarak jauh lebih lama daripada twisted pair dan coaxial. Fiber optic cable juga memiliki kemampuan untuk membawa informasi pada kecepatan jauh lebih besar. Kapasitas ini memperluas kemungkinan komunikasi mencakup layanan seperti konferensi video dan layanan interaktif.
Kelebihan Wired
·         Relatif murah
Persaingan antar vendor hardware telah menyebabkan sebuah harga sebuah ethernet card lebih murah dibandingkan Wi-Fi adapter.
·         Tingkat keamanan relatif tinggi (karena terhubung langsung serta terpantau hubungannya).
·         Performa/Stabilitas jaringan dan bandwith yang lebih tinggi dan lancar
Sebuah ethernet card tradisional menghasilkan kecepatan transfer data hingga 10 Mbps. Sebuah Fast ethernet menwarkan kecepatah transfer data sepuluh kali lipat ethernet tradisional. Dari segi kecepatan transfer data atau performa jelas wired LAN lebih unggul daripada WLAN.
  • Reliabilitas
Reliabilitas menyangkut aspek ketersediaan dan keutuhan informasi. Informasi yang dikirim harus sampai ke tujuan dengan selamat. Peralatan wired LAN seperti : kabel, hub, switch, terlah terbukti sangat reliable.
Kekurangan Wired
·         Instalasi yang kurang terencana bisa terlihat jorok/acak – acakan.
Karena wired LAN menggunakan kabel dalam medianya maka diperlukan perencanaan dan pengaturan yang lebih dibandingkan dengan WLAN karena WLAN menggunakan gelombang radio jadi tidak terlihat media penghubungnya..
·         Kurang fleksibel jika ada ekspansi.
·         Mobilitas yang kurang
·         Wired lan harus di tempatkan di tempat yang aman
Security pada wired lan akan hilang pada saat kabel jaringan di potong atau ditap.

0 komentar:

Posting Komentar