Kamis, 05 Desember 2013

Nama : Ratih Iga Nastiti
Kelas : 1P51
NIM : 13.230.0023

Mengenai Windows Migration Assistant

Pelajari cara menggunakan Windows Migration Assistant untuk memigrasi file dari PC Windows ke Mac.
Gunakan Windows Migration Assistant untuk memigrasi file dari PC berbasis Microsoft Windows lama ke Mac yang dijalankan dengan OS X Mountain Lion atau OS X Lion. Asisten Migrasi secara otomatis mentransfer kontak, kalender, akun email, dan lainnya, serta menempatkannya di aplikasi yang sesuai. 
Cara memigrasi informasi dari PC ke Mac
Apa yang ditransfer, dan ke mana?
Migrasi Windows menyalin dari PC Windows ke Mac informasi berikut:
Informasi email, kontak, dan kalender

Dari Windows XP (dengan SP3 atau yang lebih baru)
Dari Windows Vista (dengan SP2 atau yang lebih baru)
Dari Windows 7 (dengan SP1 atau yang lebih baru) atau Windows 8

Outlook Express
Outlook
Windows Live Mail
Windows Mail
Outlook
Windows Live Mail
Windows Mail
Outlook
Info akun email IMAP-ke aplikasi Mail
Akun email dan pesan POP--ke aplikasi Mail
Pengguna yang sudah masuk
Pengguna yang sudah masuk
Pengguna yang sudah masuk
Pengguna yang sudah masuk
Informasi kontak--ke aplikasi Contacts (Kontak) (Mountain Lion)
atau ke Address Book (Buku Alamat) (Lion)
Pengguna yang sudah masuk

Pengguna yang sudah masuk


Pengguna yang sudah masuk
Informasi kalender--ke Calendar (Kalender) (Mountain Lion)
atau ke iCal (Lion)





Pesan Exchange--ke aplikasi Mail (Email)






Tip: "Pengguna yang sudah masuk" berarti hanya data milik akun pengguna tempat Anda telah masuk ke Windows yang ditransfer. Untuk mentransfer data dari akun pengguna lainnya, ulangi proses ini selagi masuk di akun lainnya. Akun pengguna baru akan dibuat di OS X tiap kali Anda melakukan migrasi
.
Penting: "App Mail untuk Windows 8" Windows tidak didukung. Namun, Windows Mail versi lebih awal yang dijalankan di Windows 8 didukung.
Catatan: Anda harus menutup aplikasi di Windows 8 secara manual sebelum menggunakan Windows Migration Assistant. Untuk menutup aplikasi di Windows 8, ikuti langkah berikut:
  1. Gunakan kombinasi tombol Alt-Tab untuk memilih aplikasi yang berjalan.
  2. Tekan Alt-F4 di keyboard untuk menutup aplikasi.
Bookmarks (Penanda)
  • Bookmark dari Internet Explorer, Safari untuk Windows, dan Firefox ditransfer ke Safari di OS X.
Konten iTunes
  • Ditransfer ke iTunes di OS X.
File gambar
  • Ditransfer ke disk Anda; gambar dapat ditambahkan ke iPhoto. Catatan: Setelah migrasi, bukalah iPhoto dan biarkan aplikasi ini mencari foto di disk untuk diimpor.
Pengaturan sistem
  • Pelokalan, lokal, beranda browser, gambar desktop (kecuali gambar desktop Windows standar) ditransfer ke pengaturan Preferensi Sistem yang setara di OS X.
File lainnya
  • File dari tiap folder level atas di direktori awal pengguna yang masuk akan ditawarkan.
  • File non-sistem (item di \Windows, \Program Files), folder level atas di disk sistem Windows pengguna, dan folder level atas di disk lokal lainnya yang terhubung ke PC Windows juga ditawarkan.
  • Tip: Anda dapat menghapus centang (batal memilih) apa pun yang tidak ingin Anda transfer.


Sebelum memulai proses transfer

  • Untuk menghindari gangguan proses migrasi, nonaktifkan pemasangan pembaruan otomatis di Windows.
  • Nonaktifkan semua perangkat lunak anti-virus di PC. Perangkat lunak semacam itu dapat salah mengidentifikasi proses Windows Migration Assistant sebagai mencurigakan dan mengganggu proses.
  • Nonaktifkan perangkat lunak firewall di PC. Perangkat lunak firewall dapat memblokir port yang diperlukan untuk berjalannya Windows Migration Assistant.
  • Jalankan utilitas periksa disk (misalnya chkdsk) pada PC untuk memastikan tidak ada masalah.
    • Tip: Pilih Mulai > Jalankan… ketik "cmd" dan tekan Enter. Ketikkan "chkdsk" di jendela perintah dan tekan Enter. Jika utilitas periksa disk melaporkan bahwa utilitas "menemukan masalah", ketikkan "chkdsk /F" tekan Enter. Tekan "Y" lalu mulai ulang PC. Ulangi proses ini hingga utilitas periksa disk tidak melaporkan masalah. Jika suatu masalah berlanjut setelah beberapa kali memperbaiki, Anda harus menyervis PC sebelum melakukan migrasi data ke Mac.
  • Pastikan Anda mengetahui nama dan sandi akun administrator. Akun pertama yang dibuat di Mac adalah akun administrator.
  • Pastikan PC Windows dan Mac berada di jaringan yang sama, misalnya jaringan rumah Anda. Berikut adalah urutan koneksi jaringan yang diutamakan:
    • Gunakan kabel Ethernet bersertifikasi CAT6 yang kondisinya baik untuk menghubungkan port Ethernet PC secara langsung ke port Ethernet Mac atau adaptor Ethernet (USB atau Thunderbolt). Jangan gunakan kabel Ethernet yang tertekuk atau tidak memiliki tab konektor.
    • Gunakan kabel Ethernet bersertifikasi CAT6 dengan kondisi baik untuk menghubungkan Mac dan PC ke router/hub/switch jaringan rumah Anda. Jangan gunakan kabel Ethernet yang tertekuk atau tidak memiliki tab konektor.
    • Untuk nirkabel, gunakan sinyal nirkabel yang secepat mungkin (802.11n 5Ghz). Upayakan agar PC, Mac, dan titik akses nirkabel berada di ruangan yang sama, saling berdekatan.

Catatan
  • Proses ini akan membuat akun pengguna baru di Mac Anda yang berisi data hasil migrasi dari PC Windows.  Ini tidak akan menggabungkan informasi dengan akun pengguna yang sudah ada di Mac Anda.
  • Artikel ini hanya berlaku bagi migrasi dari PC berbasis Windows ke Mac. Untuk bantuan melakukan migrasi antar Mac, silakan lihat Cara menggunakan Asisten Migrasi untuk mentransfer file dari Mac lain.
  • Jenis file khusus Windows, contohnya file .exe, tidak ditransfer.
  • Anda harus memasukkan sandi ketika pertama kali menggunakan akun, misalnya saat Anda menggunakan akun email yang ditransfer di aplikasi Mail (Email) untuk pertama kalinya.

Menginstal Windows Migration Assistant di PC

  1. Di PC, unduh penginstal Windows Migration Assistant dari Unduhan Dukungan Apple.
  2. Instal Windows Migration Assistant, lalu bukalah.
  3. Klik "Lanjutkan" untuk meneruskan proses.

Windows Migration Assistant akan menunggu Anda membuka Asisten Migrasi atau menggunakan Asisten Pengaturan. Klik di bawah ini untuk mendapatkan informasi tentang pilihan yang ingin Anda gunakan:

Mentransfer dengan Asisten Pengaturan yang muncul saat Mac memulai pertama kalinya

Di layar "Transfer Informasi ke Mac Ini" pada Asisten Pengaturan, pilih pilihan transfer "Dari PC Windows".
Pilih PC Windows sumber, lalu klik "Lanjutkan" untuk meneruskan proses.

Mac akan menampilkan kode kunci yang seharusnya muncul di PC Windows.
PC Windows akan menampilkan kode kunci dari Mac, lalu klik "Lanjutkan" untuk meneruskan proses.
Di Mac, pilih informasi untuk mentransfer dari PC Windows, lalu klik "Transfer" (setelah tombol "Transfer" tersedia) untuk memulai proses migrasi.
Pada PC Windows dan Mac, Anda akan melihat bilah kemajuan, yang menampilkan pesan tentang apa saja yang sedang ditransfer, dan perkiraan sisa waktu hingga proses selesai.
Setelah ini, lakukan proses OS X Setup Assistant.
Setelah selesai, Anda dapat masuk ke akun pengguna baru.
Catatan: Saat masuk pertama kali di Mac, Anda akan melihat nama akun Anda. Tekan tombol Return dan Anda akan diminta mengatur ulang kata sandi. Lihat Memilih kata sandi yang baik di OS X untuk informasi cara memilih kata sandi yang baik.

Gunakan Asisten Migrasi setelah Mac Anda dimulai

Jika Anda sudah melalui proses Asisten Pengaturan, Anda dapat menggunakan Asisten Migrasi kapan saja untuk mentransfer data dari PC ke akun pengguna baru di Mac Anda.
  1. Di Mac, buka Asisten Migrasi yang berada di folder Utilities (Utilitas). Untuk membukanya: Di Finder, pilih Buka > Utilitas, atau tekan Shift–Command–U (⇧⌘U). Klik dua kali Asisten Migrasi.
  2. Pilih pilihan "Dari Mac lain, PC, cadangan Time Machine, atau disk lainnya", lalu klik "Lanjutkan"
  1. Bila diminta, masukkan nama dan kata sandi administrator.
  2. Pilih metode "Dari Mac lain atau PC", lalu klik "Lanjutkan" untuk meneruskan proses.
  1. Apabila diminta, klik Lanjutkan untuk menutup aplikasi lainnya. Aplikasi lain tidak bisa dibuka di Mac selama proses migrasi.
  2. Pilih PC, lalu tunggu hingga PC menampilkan kode kunci yang ditampilkan di Mac.
  1. Di PC, setelah Anda melihat kode kunci yang ditampilkan di Mac, klik "Lanjutkan" untuk meneruskan proses.
  1. Selanjutnya Mac akan mulai memeriksa komputer Anda dan membuat daftar informasi yang akan dimigrasi.
  2. Pilih informasi yang ingin Anda migrasikan ke Mac, lalu klik Lanjutkan untuk meneruskan proses.
Pada PC Windows dan Mac, Anda akan melihat bilah kemajuan, yang menampilkan pesan tentang apa saja yang sedang ditransfer dan perkiraan sisa waktu. Setelah selesai, Anda dapat masuk ke akun pengguna yang dibuat.  
Catatan: Saat masuk pertama kali di Mac, Anda akan melihat nama akun Anda.  Tekan tombol Return dan Anda akan diminta mengatur ulang kata sandi. Lihat Memilih kata sandi yang baik di OS X untuk informasi cara memilih kata sandi yang baik.
Penting:  Informasi tentang produk yang tidak diproduksi oleh Apple disediakan untuk tujuan informasi semata dan bukan merupakan rekomendasi atau dukungan dari Apple. Hubungi vendor untuk informasi tambahan.

0 komentar:

Posting Komentar