Senin, 16 Desember 2013

PTI JARKOM



Nama : Kurnia Rakhmawati
NIM   : 13.230.0077
Kelas  : 1P51


TOPOLOGI TREE
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .
Topologi tree atau yang sering di istilahkan sebagai topologi pohon di desain berdasarkan topologi Bus dan Ringhal ini dapat di capai dengan mengintegrasikan multi hub pada jaringanStar bersama-sama dengan Bus.Bayangkan sebuah diagram topologi tree dengan banyak star jaringandengan hub pusat mereka.kemudian menggambar garis yangmenghubungkan hanya hub bersama-sama untukmenunjuk pada sebuah garis.hub ini umumnya terhubung dengan satu hub utama yang merupakan akar untuk seluruh jaringan.
Topologi tree memungkinkan beberapa hub eksis pada jaringan yang bertindak sebagai akar untuk terminal terhubung dengannya.topologi pohon ini mempunyai struktur jaringan bercabang dan dapat memberikan skalabilitas tinggi.
Hub utama adalah terminal paling aktif,mengontrol seluruh jaringan,sementara subhub pasif,jaringan tv kabel memiliki topologi tree,dengan kabel feed utama di bagi menjadi cabang-cabang kecil menuju rumah-rumah.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOPOLOGI TREE
Keuntungan topologi tree sebagai berikut :
§  Merupakan topologi yang terbaik untuk jaringan komputer yang besar.topologi tree membagi seluruh jaringan menjadi bagian yang mudah di atur.
§  Topologi tree memungkinkan untuk memiliki jaringan point to point.
§  Memliki akses segera ke node tetangga dalam jaringan dan juga hub.pusat.
§  Mengatasi keterbatasan dari topologi jaringan star,yang memiliki keterbatasan titik koneksi hub dan keterbatasan lalu lintas siaran yang di induksi topologi jaringan bus.
§  Menyediakan cukup ruang untuk ekspansi jaringan masa depan.

Kekurangan topologi tree sebagai berikut :
§  Ketergantungan dari seluruh jaringan pada satu hub pusat adalah titik kerentanan untuk topologi ini,kegagalan hub pusat atau kegagalan utama data cable trun,dapat melumpuhkan seluruh jaringan.
§  Dengan peningkatan ukuran luar titik,pengelolan menjadi sulit.

0 komentar:

Posting Komentar