Minggu, 10 November 2013

Antena Wajan Bolic

 NAMA          :  Anggar Aristian
 NIM              :  13.230.0065
KELOMPOK  :  2
KELAS           : 1P51 SISTEM INFORMASI  



ANTENA WAJAN BOLIC
    PENGERTIAN
Wajan Bolic adalah sebuah antena yang terbuat dari bahan dasar Wajan.Wajan Bolic adalah versi keduanya dari Antena Grid, bedanya Wajan Bolicdengan Antena Grid hanya terletak pada bahan dan efisiensi harganya.Antena Grid/ satelit seperti yang kita tahu, harganya sangatlah mahal,mungkin bisa 2 atau 3 juta-an.Sementara Wajan Bolic hanya membutuhkanbiaya kurang dari 200.000. Dengan fungsinya yang hampir sama denganAntena Grid, Wajan Bolic lebih efisien. Wajan Bolic merupakan AntenaReciever gelombang radio dengan frekuensi 2.4Ghz.
    SISTEM KERJA
Prinsip kerja antena Wajanbolic seperti antena parabola lainnya, yaitu menempatkan bagian sensitif antena pada titik fokus parabola (wajan) sehingga semua gelombang elektromagnet yang mengenai wajan akan terkumpul dan diterima oleh bagian sensitif tersebut. Jangkauan kerja antena ini dapat mencapai hingga 1-2 km bahkan sampai 5 km. Antena Wajanbolic terdiri atas 3 komponen utama, yaitu :
•    Reflektor yang terbuat dari wajan
Dapat digunakan wajan yang berdiameter minimal 40cm, semakin besar ukuran wajan akan semakin baik karena semakin banyak frekuensi radio yang dapat ditangkap.
•    Bagian Sensitif antena berbentuk Tabung berisi USB WLAN
Sebagai Tabung dapat digunakan Pipa Paralon 3” sepanjang 23cm dan bungkus 16cm dari panjangnya dengan Aluminium foil.


•    Kabel penghubung antena ke komputer
Dapat menggunakan kabel USB yang biasanya disediakan dalam paket USB WLAN, dipotong di bagian tengah dan disambung dengan menggunakan kabel UTP atau Kabel LAN.

    FUNGSI WAJAN BOLIC
•    Menembak sinyal Wifi yang letaknya jauh (bisa menembak sampai 2 Km-9Km).
•    Memperkuat sinyal Wifi.
•    Menambah sinyal Modem (jika di gunakan untuk modem, bisa menembakHSDPA sampai HSUPA).

0 komentar:

Posting Komentar