Minggu, 24 November 2013

Jarkom Bluetooth

 
Nama : Widiyawati
Kelas : 1p51
Nim : 13.230.0017



Bluetooth merupakan spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth Adalah teknologi yang memungkinkan 2 perangkat untuk berkomunikasi tanpa menggunakan kabel dan tidak memerlukan saluran yang terlihat. Bluetooth mengurangi penggunaan kabel sehingga lebih mudah untuk digunakan dan juga mampu menawarkan fitur yang baik untuk teknologi mobile wireless dengan biaya yang relatif rendah, konsumsi daya yang rendah, mudah dalam pengoperasian dan mampu menyediakan layanan yang bermacam-macam.
Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz (antara 2.402 GHz sampai 2.480 GHz) yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host to host Bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas. Bluetooth dapat berupa card yang bentuk dan fungsinya hampir sama dengan card yang digunakan untuk wireless local area network (WLAN) di mana menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11 , hanya saja pada bluetooth mempunyai jangkauan jarak layanan yang lebih pendek dan kemampuan transfer data yang lebih rendah.
    Bluetooth bekerja menggunakan frekuensi radio. Beda dengan inframerah yang mendasarkan diri pada gelombang cahaya. Jaringan Bluetooth bekerja padafrekuensi 2.402 Giga Hertz sampai dengan 2.480 Giga Hertz. Dibangkitkan dengan daya listrik kecil sehingga membatasi daya jangkaunya hanya sampai 10 meter. Penetapan frekuensi ini telah distandardisasi secara internasional untuk peralatan elektronik yang dipakai untuk kepentingan industri, ilmiah, dan medis. Kecepatan transfer data Bluetooth rilis 1.0 adalah 1 mega bit per detik (Mbps), sedangkan versi 2.0 mampu menangani pertukaran data hingga 3Mbps.
Kalau dalam satu waktu bisa terjadi koneksi antara 8 peralatan Bluetooth secara simultan, lalu bagaimana bisa peralatan Bluetooth tidak mengganggu satu sama lain? Hal itu disebabkan karena masing-masing peralatan tersebut membangkitkan sinyal sangat lemah melalui listrik berdaya 1 miliwatt yang akan mengacak penggunaan 79 frekuensi sebanyak 1600 kali dalam satu detik. Jadi, akan sangat kecil kemungkinan masing-masing alat menggunakan frekuensi yang sama dalam satu waktu.
Sepasang peralatan Bluetooth yang telah tersambung akan membentuk Personal Area Network, disebut juga piconet dan mengacak frekuensi. Akan terjadi transaksi dan percakapan antar peralatan secara otomatis apakah ada data yang hendak dipertukarkandan pihak manakah yang akan mengontrol komunikasi.

KEGUNAAN
Kegunaan bluetooth sendiri diantaranya adalah untuk saling bertukar informasi, mengirimkan data baik berupa gambar, dokumen, maupun sinyal suara. Bluetooth banyak ditemukan dalam teknologi ponsel saat ini, bahkan HP yang tidak memakai bluetooth bisa dibilang sudah ketinggalan teknologi. Dalam perangkat komputer seperti laptop misalnya, bluetooth memiliki peranan sangat penting, sama seperti pentingnya layanan internet. Diantara kegunaan bluetooth dalam bidang komputer yaitu menghubungkan perangkat keras seperti printer, modem, mouse, maupun keyboard kedalam komputer.
Untuk urusan keamanan pun bluetooth dapat diunggulkan. Karena ia tidak memperbolehkan semua data masuk kedalamnya . Ia hanya akan memasukkan data kedalamnya apabila user / pengguna menyetujui untuk memasukkannya kedalamnya. Apabila user tidak menyetujuinya maka data akan ditolak masuk.


Kelebihan Bluetooth :
•    Bluetooth dapat menembus dinding, kotak, dan berbagai rintangan lain walaupun jarak transmisinya hanya sekitar 30 kaki atau 10 meter
•    Bluetooth tidak memerlukan kabel ataupun kawat
•    Bluetooth dapat mensinkronisasi basis data dari telepon genggam ke komputer
•    Dapat digunakan sebagai perantara modem
Kekurangan Bluetooth : 
•    Penyaluran Gelombang dan keterbatasan operasional yang tidak konsisten di seluruh dunia.
•    Konsumsi Power yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan beberapa standar lainnya, membuat masa pakai baterai berkurang dan panas.
•    Jaringan WiFi memiliki rentang yang terbatas. Sebuah router WiFi rumah mungkin memiliki kisaran 45m (150ft) indoor dan 90 juta (300ft) di luar rumah.
•    WiFi menggunakan spektrum 2.4GHz tanpa izin, dimana yang sering bertabrakan dengan perangkat lain seperti Bluetooth, oven microwave, telepon tanpa kabel, atau perangkat pengirim video, banyak lainnya. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kinerja.
•    Jalur akses dapat digunakan untuk mencuri informasi pribadi dan rahasia ditransmisikan dari konsumen WiFi.
•    Intervensi pada jalur akses tertutup atau dienkripsi dengan jalur akses terbuka yang lainnya pada saluran yang sama atau dekat dapat mencegah akses ke jalur akses yang terbuka oleh orang lain di daerah tersebut. Ini menimbulkan masalah tinggi di daerah kepadatan tinggi seperti blok apartemen besar di mana banyak penduduk beroperasi poin akses WiFi.
•    Jalur akses gratis dapat digunakan oleh orang tak dikenal dan berbahaya untuk melakukan serangan yang akan sangat sulit untuk melacak di luar jalur akses pemilik.



0 komentar:

Posting Komentar