Rabu, 27 November 2013

Radio AM

Nama : irma susanti
Nim   : 13.230.0003
Kelas : 1P51
Kelompok : 4



RADIO AM


Sistem kerja Radio AM


Radio AM (modulasi amplitudo) bekerja dengan prinsip memodulasikan gelombang radio dan gelombangaudio.
Kedua gelombangg ini sama-sama memiliki amplitudo yang konstan.
Namun proses modulasi ini kemudian mengubah amplitudo gelombang penghantar (radio) sesuai dengan amplitudo gelombang audio.
Pada tahun 1896 ilmuwan Italia, Guglielmo Marconi mendapat hak paten atas telegraf nirkabel yang menggunakan dua sirkuit.Pada saat itu sinyal ini hanya bisa dikirim pada jarak dekat.
Namun, hal inilah yang memulai perkembangan teknologi radio.


KEGUNAAN RADIO AM

-Untuk menerima sinyal termodulasi AM dan melakukan proses demodulasi terhadap sinyal tersebut. Sinyal tersebut pertama kali diterima oleh antena, dan kemudian dilakukan pemilihan sinyal yang diinginkan dari semua sinyal yang dapat diterima oleh antena. Sinyal yang dipisahkan tersebut kemudian diperkuat sampai pada suatu tingkat yang dapat digunakan. Proses selanjutnya adalah demodulasi sinyal radio yaitu proses pemisahan sinyal informasi dari sinyal carrier / sinyal pembawa yang dilakukan di demodulator AM atau detektor AM.


-Sebagai sistem informasi media,pengiklanan,talk show.

-untuk menyampaikan pesan atau berita dari pemerintah kepada masyarakat, tidak perlu menunggu dalam hitungan detik, jam, hari, dan bulan layaknya jaman dimana kita hanya bisa berkomunikasi jarak jauh hanya dengan mengandalkan surat tulisan tangan.

0 komentar:

Posting Komentar