Minggu, 24 November 2013

Jarkom WAN Modem

13.230.0053
ISROARRUKHMI
Kelas 1P51



Pengertian Modem

Modem adalah singkatan dari modulator dan demodulator.
Modulator berfungsi untuk melakukan proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu, proses ini biasa disebut dengan proses modulasi.
Demodulator berfungsi sebagai proses mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim.

Fungsi Modem
Sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan atau data ke alamat yang dituju.


Jenis Modem
Dibedakan berdasarkan pemasangan dan jaringan. berdasarkan pemasangan modem bisa dibedakan menjadi modem internal dan modem eksternal. berdasarkan jaringan modem bisa dibedakan menjadi modem dengan media kabel dan modem dengan media tanpa kabel.

1. Modem Internal merupakan sebuah kartu yang dipasangkan pada slot motherboard.Keuntungan modem ini adalah cara pemasangannya mudah dan harganya relatif lebih murah.
2. Modem eksternal adalah modem yang dipasang diluar komputer, biasanya ditancapkan pada slot USB.
3. Modem yang menggunakan media kabel yaitu sebuah modem yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya ( contoh: TV kabel dan jaringan telepon).
4. Modem tanpa kabel, modem ini menggunakan media tanpa kabel untuk perantaranya (contoh:modem GSM dan Modem CDMA) .

Cara Kerja
Dalam penggunaan modem bertugas merubah data dalam bentuk analog dan digital. Saat komputer disambung ke kabel telepon untuk kemudian digunakan berinternet, jika komputer kita akan mengupload atau mengirim data, maka informasi atau data dari komputer dalam bentuk digital akan diubah oleh modem menjadi bentuk analog untuk dikirim melalui kabel telepon atau media lainnya.

Kegunaan Modem
Untuk kemudahan berkomunikasi, manusia modern menyajikan berbagai macam media sehingga kita bisa dengan mudah melakukan interaksi, baik jarak dekat maupun jarak jauh.

0 komentar:

Posting Komentar