Senin, 11 November 2013

Radio

KELAS :    1P51
NAMA :     AISATUN AFFIFAH
NIM :        13-230-0033




Pengertian radio
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara). Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dimodulasi (dinaikkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio dalam suatu spektrum elektromagnetik. Gelombang radio ini berada pada jangkauan frekuensi 10 hertz (Hz) sampai beberapa gigahertz (GHz), dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik. Gelombang elektromagnetik lainnya, yang memiliki frekuensi di atas gelombang radio meliputi sinar gamma, sinar-X, inframerah,ultraviolet, dan cahaya terlihat. Ketika gelombang radio dipancarkan melalui kabel, osilasi dari medan listrik dan magnetik tersebut dinyatakan dalam bentuk arus bolak-balik dan voltase di dalam kabel. Hal ini kemudian dapat diubah menjadi signal audio atau lainnya yang membawa informasi. Meskipun kata 'radio' digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan alat penerima gelombang suara, namun transmisi gelombangnya dipakai sebagai dasar gelombang pada televisi, radio, radar, dan telepon genggam pada umumnya. Dasar teori dari perambatan gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam papernya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik (bahasa Inggris: A dynamical theory of the electromagnetic field), berdasarkan hasil kerja penelitiannya antara 1861 dan 1865. Pada 1878 David E. Hughes adalah orang pertama yang mengirimkan dan menerima gelombang radio ketika dia menemukan bahwa keseimbangan induksinya menyebabkan gangguan ke telepon buatannya. Dia mendemonstrasikan penemuannya kepada Royal Society pada 1880 tapi hanya dibilang itu cuma merupakan induksi. Adalah Heinrich Rudolf Hertz yang, antara 1886 dan 1888, pertama kali membuktikan teori Maxwell melalui eksperimen, memperagakan bahwa radiasi radio memiliki seluruh properti gelombang (sekarang disebut gelombang Hertzian), dan menemukan bahwa persamaan elektromagnetik dapat diformulasikan ke persamaan turunan partial disebut persamaan gelombang.

CARA KERJA RADIO

Sinyal radio dipancarkan menggunakan gelombang pembawa. Gelombang radio merupakan bagian dari spektrum elektromagnetik. Gelombang radio dengan panjang gelombang paling panjang dipantulkan oleh lapisan udara yang berada tinggi dalam atmosfer Bumi, disebut ionosfer.Dengan cara ini, pesan lewat radio dapat dipantulkan sehingga mencapai jarak yang amat jauh.

                Meskipun media masa radio tetap paling pertama dalam kecepatan menyampaikan informasi,namun Radio juga memiliki keunggulan dan kelemahan juga, seperti dalam buku Asep Syamsul Romli ” broadcast jurnalism panduan menjadi penyiar, reporter dan script writer ”
        






 keunggulan radio yang pertama yaitu:

1. cepat dan langgsung sarana tercepat , lebih cepat dari koran dan tv dalam menyampaikan informasi kepada publik tanpa melalui proses yang rumit dan butuh waktu yang banyak seperti siaran tv atau sajian media cetak . hanya dengan melalui telefon reporter radio dapat secara langsung menyampaikan berita atau melaporkan peristiwa yang ada di lapangan .

2. akrab . radio adalah alat yang akrab dengan pemilik nya .anda jarang sekali duduk dlam grup dalam mendengarkan radio tetapi biasa nya mendengarkan nya sendirian,seperti di mobil di dapur,di kamar tidur, dan sebagainya
3. dekat suara penyiar hadir di rumah atau di dekat pendengar. pembicaraannya langsung menyentuh aspek pribadi ( interpersonal communications )
4. hangat. paduan kata-kata, musik, dan efek suara dalam siaran radio mampu mempengaruhi emosi pendengar. pendengar akan bereaksi atas kehangatan suara penyiar dan seringkali berfikir bahwa penyiar adalah seorang teman bagi mereka
5.sederhana . tidak rumit, tidak banyak panik, baik bagi pengelola maupun pendengar
6. tanpa batas. siaran radio menembus batas batas geografi, demografis, SARA ( suku, agama, Ras, antargolongan ), dan kelas sosial. hanya "tunarungu" yang tidak mampu mengkonsumsi atau menikmati siaran radio.
7.Murah dibandingkan dengan berlangganan media cetak atau harga pesawat televisi, pesawat radio relatif jauh lebih murah mendengar pun tidak dipunggut bayaran sepeser pun untuk mendengarkan radio.
8.bisa mengulang. radio memiliki kesementraan alami (transient nature ) sehingga berkemampuan mengulang informasi yang sudah disampaikan secara cepat
9.fleksibel. siaran radio bisa dinikmati sambil mengerjakan hal lain atau tanpa menggangu aktivitas yang lain, seperti memasak mengemudi belajar membaca koran atau buku.


1.                    Selintas. Siaran radio cepat hilang dan gampang dilupakan. Pendengar tidak bisa mengulang apa yang didengarkanya, tidak bisa seperti pembaca koran yang bisa mengulang bacaannya dari awal tulisan.
2.                   Global. Sajian informasi radio bersifat global, tidak detail, karenannya angka-angka pun di bulatkan. Misalnya penyiar akan menyebutkan “seribu orang lebih “ untuk angka 1.053 orang.
3.                  Batasan waktu. Waktu siaran radio relatif terbatas hanya 24 jam dalam sehari, berbeda dengan surat kabar yang bisa menambah jumblah halaman dengan bebas. Waktu 24 jam sehari tidak bisa di tambah menjadi 25 jam atau lebih.
4.              Beralur linier. Program disajikan dan dinikmati pendengan berdasarkan urutan yang sudah ada, tidak bisa meloncat-loncat. Beda dengan surat kabar, pembaca bisa langsung ke halaman tengah, akhir,atau langsung ke rubrik yang ia sukai.
5.              Mengandung gangguan. Seperti timbul tenggelam ( fading) dan gangguan teknis “chanel noise factor”.
Adapun dampak negatif dari penggunaan radio, yaitu.
1. Induksi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan dari radiasi gelombang radio
2. Induksi gelombang elektromagnetik dapat memengaruhi ion positif dan ion negatif di sekeliling pancaran radiasinya.
3. Dalam tubuh manusia, terkandung ion-ion yang bermuatan positif dan negatif. Muatan atau ion positif dan negatif di dalam tubuh mengalami keseimbangan apabila tidak mendapat pengaruh terutama dari radiasi gelombang elektromagnetik. Jika pengaruh radiasi tersebut telah melebihi batas ambang yang dapat diterima oleh tubuh manusia, akan terjadi ketidakseimbangan muatan (ion) di dalam tubuh manusia yang kemudian akan berakibat pada terganggunya fungsi-fungsi organ tubuh ataupun metabolisme yang ada di dalam tubuh manusia.
4. Jika hal ini terjadi terus menerus dalam jangka waktu yang lama, kesehatan orang tersebut akan terganggu atau sakit.
Radio sebagai media informasi memiliki sejumlah peran dan fungsi. Sifat dari peran dan fungsinya tidak kaku, melainkan dapat berkembang dan disesuaikan sesuai situasi dan kondisi.
 Peran = menjelaskan atau membedakan suatu posisi tertentu daripada posisi yang lainnya.
Fungsi = menjelaskan hal-hal yang dilakukan/yang diperankan.

Contoh : Proses pembuatan film. Peran seorang Produser membiayai pembuatan film. Peran sutradara mengatur alur cerita dan pemeranan para aktor. Peran aktor berfungsi menjalankan skenario.

0 komentar:

Posting Komentar