Minggu, 24 November 2013

Jarkom WAN

NAMA: MARIA ROSARITA
KELAS :1P51
NIM:13.230.0063




WIDE AREA NETWORK ( WAN)
Wide Area Network ( WAN ) merupakan bentuk jaringan komputer yang terdiri dari LAN dan MAN. Jaringan WAN telah memenuhi berbagai kebutuhan  jaringan , seperti jaringan untuk publik, jaringan pada bidang perbankan, jaringan jual-beli secara online di internet, jaringan penjualan jasa, dan jaringan lainnya. WAN  menggunakan protocol internet berupa Network Service Provider ( NSP ). Tanpa NSP, maka jaringan WAN tidak akan dapat bekerja. Dengan adanya NSP yang di hubungkan dengan jaringan WAN, maka akan membentuk suatu jaringan internet yang bersifat gobal. Dengan demikian,internet dapat diakses oleh orang yang akan memakai jaringan tersebut.
Jaringan WAN hanya menekankan pada fasilitas kecepatan akses transmisi sehingga memungkinkan seluruh komunikasi dapat berjalan secara lancar serta efisien. Di samping itu WAN berfungsi untuk mengontrol jumlah lalu-lintas data dan mencegah penundaan (delay ) yang berlebihan, sehingga transfer data akan lebih cepat.
Jaringan WAN memiliki beberapa kelebihan, yaitu:
•    Apabila terhubungan dengan jaringan internet maka transfer file pada tempat yang saling berjauhan dapat dilakukan dengan cepat menggunakan email dan FTP ( File Transfer Protocol ).
•    Memiliki sistem jaringan yang luas sehingga dapat mencapai negara, benua, bahkan seluruh dunia.
 

0 komentar:

Posting Komentar