Minggu, 24 November 2013

Jarkom Nirkable

 Nama : Achmad Yusuf
Kelas : 1P51
NIM : 13.230.0081


JARINGAN KOMPUTER  NIRKABEL


-PENGERTIAN

Jaringan Nirkabel atau Wireless Network adalah salah satu jenis jaringan komputer yang mengunakan gelombang radio untuk transmisi data. Jenis jaringan ini sering dipakai untuk jaringan komputer berjarak dekat maupun berjarak jauh.

-KEUNGGULAN

Jaringan Nirkabel biasanya menghubungkan satu  sistem komputer dengan sistem yg lain dengan beberapa macam media transmisi tanpa kabel seperti : gelombang radio, gelombang mikro maupun cahaya infra merah.

Beberapa keunggulan Jaringan Nirkabel diantaranya :

Proses Instalasi lebih mudah  dibandingkan wire network

Dapat mencapai area yg sulit dijangkau.

Biaya instalasi dan perawatan cukup murah.

-KEGUNAAN

 Seperti yg disebutkan diatas bahwa jaringan tanpa kabel ini mengunakan gelombang radio yg dimana gelombang ini  disebut sebagai media transmisinya yg dapat merambat diruang hampa.

Data atau sinyal akan diangkut oleh gelombang radio. Bayangkan seperti barang yg diangkut oleh mobil.

Barang dapat dianalogikan dengan data, sedangkan mobil dianalogikan dengan gelombang radio. Gelombang pengangkut atau gelombang pembawa disebut carrier. Sehingga, carrier akan berubah-ubah mengikuti pola perubahan data dan inilah yg disebut dengan teknik Modulasi.

Menurut buku yg Saya baca, secara umum teknik modulasi terbagi atas 3 jenis, yaitu :

Amplitudo Modulation (AM)

Frequency Modulation (FM)

Phase Modulation (PM)

- CARA KERJA

Dari ketiga teknik modulasi ini kemudian dikembangkan teknik modulasi  yg merupakan hybrid atau penggabungan ketiganya. Sebagai contoh, teknik modulasi yang banyak digunakan pada WPAN WLAN, dan WiMAX adalah Spread Spectrume (teknik modulasi tersebar).

Spread spectrume (SS) didefinisikan sebagai suatu sinyal yg ditransmisikan dgn menggunakan bandwidth sangat besar dibandingkan sinyal baseband.

0 komentar:

Posting Komentar