Senin, 11 November 2013

Antena Omni

FATKHUR ROZZAQ
13.230.0019



Antena Omni Slotted Maveguide
antena omni slotted maveguide ini merupakan salah satu antena omnidirectoral untuk memancarkan sinyal wireless LAN 2,4 Ghz,dengan polarisasi horizontal.memiliki kemampuan yang sangat bagus dan mampu meningkatkan jangkauan yang lebih jauh.


Antena omni atau antena monidirectional adalah salah satu jenis antena yang menerima dan memancarkan gelombang elektromagnetik dengan sudut pancaran 360 derajat tegak lurus ke atas.
Berbeda dengan antena  directional,  antena omni memancarkan dan menerima gelombang elektronik dengan area cakupan yang melebar. Jika digambarkan bentuknya seperti donat. Dengan begitu, antena jenis ini lebih cocok dipergunakan untuk menerima dan memancarkan gelombang elektromagnetik pada area hotspot.
Secara teknis antena inibisa digunakan atau dihubungkan dengan beberapa antena  directional yang dipergunakan di luar ruang dalam sistem komunikasi. Termasuk untuk keperluan siaran televisi dan menangkap atau memancarkan gelombang telepon selular.

Sejauh ini antena jenis ini memang lebih dikenal sebagai antena wifi yang paling baik. Hal ini karena sesuai dengan karakternya yang khas. Antena ini dapat memancarkan dan menerima gelombang elektromagnetik dalam jangan luas dengan coverage 360 derajat dan hanya kuat pada bagian bawah. Dengan demikian, antena ini bisa mengabaikan sinyal atau gelombang elektromagnetik yang ada di bagian atasnya.
Dalam keadaan normal antena ini memiliki gain 3-12 dBi. antena ini bisa digunakan untuk menghubungkan dan memancarkan gelombang elektromagnetik dari satu titik ke banyak titik dalam jangkauan area pancaran. Hal ini karena bentuk pancarannya seperti donat itu tadi.

Antena omni lebih sering digunakan untuk keperluan memancarkan dan menerima gelombang elektromagnetik dalam sistem point to multipoint. Jangkauan antena ini bisa menerima dan memancarkan sinyal sejauh 1-5 km.
Sinyal ini benar-benar berbentuk donat sehingga hanya menerima dan memancarkan gelombang ke daerah sekitar dalam luas area 360 derajat. Sementara itu, bagian atasnya sama sekali tidak menerima sinyal radiasi.
Kekhasan lain dari antena omni ini adalah pancaran antena lebih terfokus. Hal ini menjadikannya salah satu antena paling populer untuk memancarkan dan menerima gelombang wifi. Antena omni sering pula disebut sebagai antena  wifi.

Seperti telah disinggung sebelumnya, antena bisa dijelaskan sebagai suatu alat yang berfungsi menerima dan mengirim gelombang elektromagnetik. Penerimaan dan pengiriman gelombang elektromagnetik ini akan berjalan tergantung kepada pemilihan frekuensinya.

Dengan demikian tidak semua antena bisa menerima dan mengirim seluruh gelombang elektromagnetik. Selain ada antena  directional dan antena monidirectional, antena juga memiliki ragam bentuk namun tetap memiliki fungsi yang sama. Bentuk antena bisa hanya seutas kabel, dipole dan bentuk-bentuk lainnya.
Pada beberapa kasus bentuk antena juga sama seperti fungsi reflector lampu senter. Antena menjadi alat bantu untuk memfokuskan pada sinyal tertentu. Semakin tepat posisi arah penerima sinyal, tepat ukuran dan jenisnya, maka semakin kuat pula gelombang elektromagnetik yang hendak kita terima atau pancarkan.
Ketika akan memilih sebuah antena, ada beberapa hal teknis yang perlu diperhatikan. Dengan semakin tepat mengukur dan menyesuaikan dengan tujuan pemasangan antena tersebut, akan semakin baik pula baik ketika akan menerima gelombang elektromagnetik. Gelompang ini kemudian diubah menjadi gelombang listrik, atau sebaliknya hanya untuk memancarkan gelombang elektromagnetik.

Beberapa karakter penting yang perlu diperhatikan ketika memilih sebuah antena adalah masalah gain, polarisasi, pola radiasi dan directivity. Karakter dari antena tersebut pada dasarnya sama saja baik ketika berfungsi sebagai pemancar, penerima maupun ketika akan dipergunakan untuk kedua keperluan yaitu sebagai penerima dan pemancar.

Karakter antena yang pertama yang harus diperhatikan ada masalah gain. Apa itu gain dalam antena? Gain adalah kemampuan sebuah antena dalam hal mengarah pancaran sinyal atau penerimaan sinyal dengan arah tertentu. 

Ukuran dari sebuah gain adalah decibel yang merupakan satuan perbandingan. Kemudian yang kedua adalah masalah polarisasi. Polarisasi adalah arah rambat dari medan listrik. Polarisasi sebuah antena berkaitan erat dengan efisiensi transmisi sinyal secara maksimal.

Semakin cermat menghitung polarisasi dari sebuah antena, maka akan semakin efisien pula baik ketika menerima gelombang elektromagnetik. Juga ketika akan mengirim sinyal atau gelombang elektromagnetik sesuai dengan yang diharapkan.
Lalu, bagaimana dengan pola radiasi? Pola radiasi antena adalah plot tiga dimensi pada distribusi sinyal yang dipancarkan atau diterima oleh sebuah antena. Pola radiasi sebuah antena ditentukan oleh bidang irisan dan arah azimuth.
  
Misalnya saja sebuah antena yang memiliki pola radiasi berbentuk bola, maka antena tersebut akan memancarkan sinyal ke segala arah. Sebaliknya apabila sebuah antena memiliki pola radiasi hanya kuat pada arah tertentu saja, maka antena seperti ini memiliki directivity.
Dengan begitu, semakin spesifik arah akan semakin baik pula sinyal yang diterima maupun dipancarkan. Itulah sebabnya antena untuk menerima gelombang radio, televisi, teleskop, gelombang yang dipancarkan oleh kapal selam dan lain sebagainya masing-masing memiliki bentuk dan karakter yang berbeda.

Fungsi Antena Omni
Seperti telah dijelaskan secara singkat di awal, fungsi  antena omni atau antena omni directional memiliki sudut pancaran 360 derajat tegak lurus. Dengan demikian gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh antena ini meluas dengan jarak pendek.
Jadi fungsi antena ini adalah melayanai  coverage area yang luas namun dalam jangkauan pendek. Karena antena omni menjangkau area yang luar, besar kemungkinan akan terkumpul juga sinyal lain yang sama sekali tidak dikehendaki.

Dengan demikian, antena omni akan menyebabkan interferensi. Namun antena ini cocok bila dipergunakan untuk koneksi  hotspot atau dikenal dengan sistem  point to multipoint atau satu titik ke banyak titik.
Fungsi lain dari antena omni yakni membentuk pola arahan dalam bidang tegak lurus. Maka dari itu, antena ini akan efektif bila digunakan untuk sistem sambungan telepon tanpa kabel atau siaran televisi terbatas.
Gain dari antena ini adalah dalam rentang 3-12 dBi dengan jarak jangkauan maksimal lima kilometer. Dengan pola radiasi horizontal, maka antena ini menjangkau area yang luas namun hanya pada bagian bawah. Sementara pada bagian atasnya tidak ter-cover oleh radiasi dari antena jenis ini.

Polarisasi dari antena ini yang vertikal akan menyebabkan potongan sinyal yang dipancarkan menjadi terbatas. Karena pola radiasi dan pola polarisasi antena omni yang khas itulah, kenapa bisa menjangkau sekeliling area yang banyak tapi hanya terjadi di bagian bawah saja. Selain untuk menerima dan menangkap sinyal telepon seluler, siaran televisi terbatas, antena ini juga cocok sebagai antena wifi.


sumber :www.anneahira.com/antena-omni.htm

0 komentar:

Posting Komentar